Personal Branding Lewat Buku

Kolom

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah personal branding? Sebuah istilah yang mengacu pada ingin dikenal sebagai apa Anda di dunia ini.

Diera media sosial (medsos) sekarang ini, orang mungkin bisa cepat membangun personal branding (citra diri) nya.

Misalnya melalui Twitter, Facebook atau Instagram. Seseorang terus menulis, memosting foto dan video terkait dengan hobi, keilmuan atau keterampilan yang dimilikinya.

Hasilnya apa? Dia kemudian dikenal orang. Dipandang sebagai pakar dalam bidang yang menjadi ketertarikannya. Lantas banyak orang yang berbondong-bondong ingin mendengar ceramah, kesaksian atau pengalamannya.

Singkatnya, Anda sudah dikenal orang dengan predikat kepakaran tertentu. Walaupun, barangkali latarbelakang pendidikan sangat berbeda dengan kepakarannya.

Dulu, kita mengenal sosok almarhum Nukman Lutfie, lulusan Teknik Nuklir UGM yang dikenal sebagai pakar media sosial berkat rajin menulis soal media sosial di blog maupun dalam twit-twitnya. Begitulah personal branding bisa membentuk seseorang menjadi dikenal sebagai seorang pakar.

Tapi, untuk sampai tahap kepakaran tertentu, bisa jadi prosesnya sangat lama. Bisa bertahun-tahun. Lantas, adakah cara yang lebih cepat untuk bisa dikenal sebagai pakar?

Jawabnya adalah ada. Dengan apa? Ya, dengan buku. Ketika seseorang sudah berhasil menulis buku. Misalnya sebuah buku berjudul “Menjadi Penulis Kreatif”, “Menjadi PR Diera Media Sosial” atau “Menjadi Blogger Jutawan”.

Cukup dengan buku-buku semacam ini, Anda sudah bisa jual diri. Anda bisa berikan seminar, pelatihan atau event-event sharing session berbagi ilmu di kedai-kedai kopi. Dari situ Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Dari jualan buku atau kepesertaan acara.

Mungkin ada yang bilang menulis buku itu sulit. Tapi, yang namanya sulit itu kategori bisa asal ada kemauan. Jadi, menulis bukulah sebagai jalan personal branding agar Anda diakui publik sebagai seorang pakar. []

Salam
Yons Achmad
Praktisi Komunikasi Strategis
Pendiri Kanetindonesia.com
WA: 082123147969