Peluang Bisnis Media Online

peluang bisnis media online
Pada pilpres 2014 lalu begitu banyak muncul situs-situs berita. Sebagai contoh AsatuNews, BeresNews, MadaniaNews, KebangsaanNews dll. Mereka begitu aktif beroperasi semasa kampanye, dengan beragam berita dan artikel-artikel politik serta kejadian dan analisis terbaru. Sayangnya, selepas pilpres, pelan-pelan begitu jarang diupdate dan akhirnya situs-situs berita itupun bertumbangan.

Itu sekedar contoh bagaimana sebuah media online (majalah online) yang dibuat untuk kepentingan sesaat, yang barangkali hanya mengandalkan dana operasional dari misalnya tokoh politik atau kelompok (partai) saja sebagai donatur. Ketika penyandang dana menghentikan gelontoran duitnya, media itupun mati. Kalau sudah begini, apakah masih ada peluang bisnis media online?

Saya kira tetap ada, tapi belajar dari pengalaman demikian, sudah semestinya kita memang harus menata lagi bagaimana seharusnya media online dibuat dan dikelola. Saya sendiri masih melihat prospek dan peluang bisnis media online. Dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Pertama. Media online saya kira harus dibuat dengan tema yang spesifik. Media online yang khusus menyediakan informasi tertentu. Dan harus mempunya model bisnis sendiri artinya bisa menghasilkan keuntungan finansial tanpa harus melulu mengandalkan donatur. Walaupun donatur barangkali tetap perlu, tapi itu bukan sumber utama pemasukan.

Kedua. Rutin mengupdate (mengisinya). Sebuah media online tentu harus diupdate setiap hari, tak bisa tidak. Untuk itu, kematangan SDM yang bertugas untuk melakukan itu haruslah ada. Tak perlu banyak, cukup 1-2 orang saja saya kira sudah cukup asalkan mereka mau bekerja melakukan updating setiap hari dengan informasi-informasi terbaru dan menarik.

Ketiga. Mempromosikan media. Kita sebagai pengelola media, tentu tak berhenti pada melakukan update atau posting berita. Kita perlu mempromosikanya agar semakin banyak dibaca orang. Selain dengan strategi optimasi mesin pencari (Google), juga perlu memainkan strategi promosi lewat media sosial semacam Facebook, Twitter, Google + dsb.

Keempat. Lalu, bagaimana sebuah media mendapatkan pemasukan? Tentu saja lewat beragam iklan diantaranya iklan banner dari produk tertentu atau iklan dari pihak lain seperti google lewat produknya Google adsense. Selain itu kita juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak lain melalui kerjasama advertorial, penulisan informasi berbayar yang kita tampilkan di web atau kerjasama media partner.

Begitulah kira-kira peluang bisnis yang bisa kita jalankan.

Sekarang bagaimana cara membuat dan mengelola blog atau media online?

Jangan Khawatir. Kanet Indonesia akan memberikan layanan pembuatan media online dengan harga yang terjangkau. Harga mulai dari Rp 750.000/tahun dan perpanjangan tahun berikutnya hanya Rp 500.000. Tertarik? WA kami sekarang juga di: 082123147969. Terimakasih. (Yons Achmad/ Kanet Indonesia).

Kategori Kolom

4 pemikiran pada “Peluang Bisnis Media Online”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.