Pekan Komunikasi UI, Tradisi yang Perlu Terus Dikembangkan

Pekan Komunikasi UI
Kabar gembira. Ya, bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di tanah air. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan event menarik yang dinamakan “Pekan Komunikasi”.

Sebuah acara yang mengangkat lima fokus bidang komunikasi sesuai dengan program studi (prodi) yang ada di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, antara lain Hubungan Masyarakat (PR Vaganza), Periklanan (AdWar), Penyiaran (CreaBo), Jurnalistik (Journalight), dan Kajian Media (Media Matters). Rangkain acaranya berupa lomba, seminar, workshop, dan company/community visit digelar 20 – 24 April 2015. Namun, untuk registrasi peserta lomba sudah dimulai dari 12 Januari 2015 .

Pekan komunikasi ini, selain melibatkan para mahasiswa juga melibatkan pakar-pakar ilmu komunikasi, serta para praktisi komunikasi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pekan Komunikasi menyajikan konten-konten yang edukatif bagi seluruh mahasiswa yang terlibat, sehingga menjadikan Pekan Komunikasi Universitas Indonesia sebagai wadah edukasi bagi seluruh mahasiswa komunikasi.

Tema yang diusung pada pekan komunikasi 2015 adalah Communicate for a Cause. Dengan mengusung tema tersebut, penyelenggara berharap dapat mendorong insan komunikasi untuk menemukan formula tentang perubahan sosial yang berhasil-bagaimana proses komunikasi online dan offline yang dilakukan. Karena sejatinya aktivitas komunikasi dapat dimanfaatkan dengan alasan yang mulia guna membangun kehidupan yang lebih baik. Masing-masing prodi memiliki sub-tema yang berbeda, namun mengacu pada tema besar Pekan Komunikasi 2015 sendiri, yaitu Communicate for a Cause.

Pekan Komunikasi yang sudah diadakan sejak tahun 2017 ini, saya kira memang perlu terus diadakan dan tentu saja dikembangkan. Sebuah event yang menantang bagi para mahasiswa komunikasi untuk mengaplikasikan wacana dan keilmuan mereka untuk tujuan mulia, yaitu perubahan menuju kondisi masyarakat yang lebih baik.

Jadi, Bravo buat anak-anak Komunikasi yang sudah bisa mengadakan acara menarik pada tahun sebelumnya dan semoga saja pada gelaran pekan komunikasi 2015 ini menjadi lebih baik lagi. Oh ya, bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai event ini bisa dilihat di websitenya. Pekankomunikasi.org (Yons Achmad/ Pemerhati Media/CEO Kanet Indonesia).

Kategori Kolom

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.