Komunikasi Efektif Lewat Majalah Online

Komunikasi Efektif

Bulan ini, tepatnya tanggal 18 April 2015 saya diundang untuk mengisi workshop (pelatihan) tentang komunikasi efektif. Yups, di salah satu sekolah Jakarta, tepatnya MAN 22 Palmerah. Seperti materi yang pernah saya dapatkan ketika berorganisasi dulu, rata-rata materinya sama.

Yang sering dibawakan misalnya hukum komunikasi, diantaranya:

1. Respect (sikap menghargai)
2. Empathy (kemampuan mendengar)
3. Audible (dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik)
4. Clarity (jelas)
5. Humble (rendah hati)

Atau 5 komponen penting komunikasi, diantaranya:

1. Pengirim pesan (sender)
2. Pesan yang dikirimkan (message)
3. Bagaimana pesan tersebut dikirimkan (delivery channel atau media)
4. Penerima pesan (receiver)
5. Umpan balik (feedback)

Begitu juga tips dan triks komunikasi yang dikembangkan sesuai dengan referensi maupun pengalaman narasumbernya. Tentu saja, sebagai pengantar diskusi, hal-hal diatas juga saya paparkan walau secara singkat saja.

Yang justru menjadi poin penting pembicaraan, dalam sebuah organisasi atau sekolah, untuk bisa membangun komunikasi efektif, yang melibatkan siswa, guru, orang tua atau komite sekolah, begitu juga masyarakat sekitar, menurut saya perlu dibuat media penghubung semua itu.

Nah, solusinya adalah pembuatan media online atau majalah sekolah online. Alhamdulillah, ide tersebut disetujui dan akan ditindaklanjuti dengan implementasi. Ke depan, saya dan tim Kanet Indonesia, juga akan terus memprovokasi tiap sekolah, khususnya setingkat SMA WAJIB memiliki majalah online yang dikelola dengan professional.

Sebagai langkah awal, bagi sekolah yang juga ingin mengadakan kegiatan serupa, lebih khusus pelatihan (workshop) jurnalistik media sekolah, yang hasil akhirnya minimal berdiri majalah sekolah online, bisa hubungi kami di WA: 082123147969. (Yons Achmad).

Kategori Kolom

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.