Jasa Konsultan Media, Apa Itu?

Kolom

konsultan media

Apa itu konsultan media? Beberapa orang termasuk teman dekat saya sering bertanya tentang hal ini. Ya, ketika saya katakan kalau saya bekerja sebagai konsultan media melalui biro jasa yang kami kelola, Kanet Indonesia. Biasanya, ada komentar begini: Oh wartawan ya: Kadang ada yang langsung mengambil kesimpulan demikian. Padahal ya itu tidak benar. Wartawan adalah mereka yang bekerja pada perusahaan media tertentu dan mendapat penghasilan (gaji) setiap bulan, sementara konsultan media berbeda, bukan profesi semacam itu. Wah, jadi konsultan media itu apa dong?

Seorang konsultan media tidak bekerja pada perusahaan media tertentu. Penyedia layanan konsultan media adalah mereka yang membantu dalam pembuatan sekaligus pengelolaan media. Tentang media sendiri, banyak ragamnya. Seperti media televisi, media radio, media cetak maupun media online. Begitulah yang dilakukan saya dan teman-teman, tim Kanet Indonesia. Ringkasnya kami membantu dalam pembuatan dan pengelolaan media. Hanya, kami fokus pada dua media saja. Media cetak dan media online. Apa bentuknya?

1. Majalah Cetak. Kami membantu pembuatan sekaligus pengelolaan media. Misalnya majalah internal perusahaan (In House Magazine), majalah instansi pemerintahan, majalah sekolah/kampus atau majalah-majalah untuk komunitas tertentu. Layanan yang kami berikan adalah layanan one stop service (terpadu) mulai dari penulisan, pemotretan, editing, lay-out sampai pencetakan. Untuk  pembuatan majalah  ini, kami bisa melayani pencetakan walau hanya cetak 10 eksemplar saja.

2. Majalah Online. Seiring perkembangan era digital, menjadikan semua pihak harus go online. Nah, kami juga menyediakan paket menarik berupa pembuatan majalah online. Tenaga-tenaga muda dan kreatif kami akan membuat dan sekaligus membantu pengelolaan media online tersebut. Namun perlu diingat, kami bukan konsultan IT yang canggih dalam menyediakan website. Tapi, kami adalah konsultan media yang melayani pembuatan majalah online (media online) sesuai kebutuhan. Barangkali sederhana, tapi bisa menghasilkan. Fokus kami bukan pada penyedia website yang begitu wah. Tapi fokus kami adalah pada layanan website majalah online yang fungsional dengan strategi kreatifitas konten yang bisa mewujudkan majalah online sesuai kebutuhan. Baik yang ditujukan non profit atau dibuat untuk  tujuan bisnis (komersial).

Begitulah. Nah sekarang, kenapa harus Kanet Indonesia?

Setidaknya ada 3 keunggulan yang bisa kami berikan:

1. Kami memberikan paket menarik dalam pembuatan dan pengelolaan media sesuai dengan buget Anda. Dengan investasi yang terjangkau.

2. Kami juga memberikan layanan lanjutan berupa support konten baik untuk media cetak maupun media online tersebut.

3. Kami memberikan alternatif model bisnis media baik cetak maupun online yang dibuat nantinya. Dengan demikian, harapannya, media tersebut bisa berkembang, langgeng, bisa terbit secara teratur dan menghasilkan income layaknya industri bisnis media pada umumnya.

Inilah sekilas pengantar jasa konsultan media yang bisa kami tawarkan. Informasi lebih lanjut bisa kontak kami via WA: 082123147969. Terimakasih (Yons Achmad/Pendiri Kanet Indonesia)