9 Prospek Pekerjaan Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

kolom

ilmu komunikasi
Diberbagai kampus tanah air, jurusan Ilmu Komunikasi kerap menjadi jurusan favorit. Jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa. Beragam ilmu komunikasi dengan berbagai mata kuliahnya menjadikan mahasiswa punya bekal keilmuan dan skill tertentu dalam bidang komunikasi. Yang menarik, lulusan jurusan komunikasi ini tentu juga punya prospek karir yang cerah. Nah, kira-kira, apa pekerjaan para lulusan ilmu komunikasi ini kelak?

Setidaknya, ada 9 pekerjaan yang bisa dikerjakan sebagai ladang mencari nafkah berbekal ilmu komunikasi yang didapat semasa kuliah, diantaranya:

1. Dosen. Bagi yang ber IPK tinggi biasanya menjadi dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

2. Penyiar. Menjadi penyiar radio di berbagai stasiun radio di tanah air.

3. Jurnalis/Presenter. Menjadi jurnalis baik media cetak, online maupun televisi. Biasanya karir berlanjut menjadi presenter acara televisi tertentu.

4. Public Relation (Humas). Petugas PR dan Humas juga menjadi ladang yang biasa dimasuki para lulusan Ilmu Komunikasi.

5. Peneliti/Pemantau Media/Penulis lepas. Agak jarang yang mau memasuki profesi ini, tapi karena jarang itulah peneliti misalnya peneliti media, pemantau media atau penulis lepas spesialis isu-isu komunikasi menjadi profesi yang menjanjikan karena sedikit saingan.

6. Fotografer. Menjadi fotografer baik untuk industri media, periklanan atau juga bisa bekerja sendiri

7. Filmaker. Menjadi pembuat film, baik yang tayang di bioskop maupun film-film pendek yang tayang di Youtube dan bisa menghasilkan pemasukan dari Google Adsense.

8. Konsultan Media. Menjadi biro (perusahaan jasa) yang memberikan layanan bagi pembuatan dan pengelolaan media baik cetak maupun online.

9. Pebisnis Media. Nah yang terakhir ini, daripada para lululusan ilmu Komunikasi “hanya” menjadi buruh media, tak ada salahnya bisa mendirikan dan mengelola bisnis sendiri. Bisa dimulai dari bisnis media online.

Oke, itu kira-kira prospek kerja para lulusan Ilmu Komunikasi. Selamat berkarya. (Yons Achmad/ Kanet Indonesia)