Hadiri Peluncuran Buku Islamisasi Sains

Event

Sudah jamak terdengar istilah Islamisasi Sains. Tapi masih banyak yang belum sepenuhnya memahami gagasan ini. Ada yang menyebut Islamisasi Sains sebagai upaya lain dari ayatisasi. Sehingga fenomena-fenomena alam; keseluruhan realitas dicarikan dalil-dalil dari wahyu. Kesannya tentu menjadi sebatas otak-atik, dan sebutan; tanpa sedikitpun menyentuh basis terdalam, seperti menjadi makanan sehari-hari bagi wacana yang satu ini.

Selain itu, ada pula yang menyebut upaya Islamisasi Sains sebagai usaha yang sungguh tidak ilmiah dan epistemologis. Muncul anekdot-anekdot (yang tidak lucu) dengan memberi contoh, bahwa Islamisasi akan melahirkan, motor Islam, pesawat Islam, mobil Islam dst. Simpulan ini tampak lebih kental unsur tendensi juga arogansi ketimbang usaha untuk lebih jauh mengenal dan memahami.

Dalam upaya mengenalkan wacana ini, buku Islamisasi Sains karangan Dr Budi Handrianto Hadir. Bertepatan dengan itu INSISTS mengadakan launching buku ini sekaligus seminar berkenaan diskursus Islamisasi Sains. Bagaimana sebetulnya Islamisasi? Apa betul tidak ada muatan epistemologis sama sekali? Apakah sains Islam itu ada? Apakah Islamisasi berarti mengislamkan segala hal? dan lain-lain.

Launching buku ini menghadirkan, Dr. Budi Handrianto, peneliti senior INSISTS sekaligus penulis buku, juga Khayrurrijal M.Phil, kandidat doktor RZS-CASIS UTM Malaysia; yang hadir sebagai pengulas dan pembanding. Pelbagai pelajar juga peneliti bidang sains Islam secara khusus direkomendasikan untuk turut hadir.

Acara ini “gratis” dengan mendaftar melalui buku tamu di awal acara.