Belajar Dari Komunikasi Strategis AHY

Ada hal menarik sepintas mengamati gaya komunikasi  Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY).  Untuk sementara,  saya akan abaikan unsur dan motif politik yang mengikutinya.  Satu yang saya catat,  dia cepat ambil keputusan, bicara terbuka di media lantas melangkah untuk sebuah capaian berikutnya.

Awalnya, memutuskan pensiun dari karir militer, menjadi politisi dengan langsung maju sebagai calon gubernur DKI. Gagal? Tidak, saya kira baginya, itulah proses yang mesti dilalui. Kalah dalam laga kompetisi sebagai gubernur tak lantas buat dia baperan. Akui kekalahan, ucapkan selamat kepada kandidat yang menang dan berterimakasih kepada  masyarakat yang mendukungnya. Sebuah komunikasi strategis yang patut diapresiasi.

Langkah selanjutnya coba jadi kandidat calon wakil presiden. Belum berhasil juga. Di pilpres 2019 kemudian mendukung pasangan Prabowo-Sandi yang kalah dalam perhitungan KPU. Tak berlama-lama, komunikasi strategis dilakukan. Sowan kepada calon kandidat yang menang, Jokowi.

Di sini polemik terjadi. AHY dinilai hanya cari keuntungan politik semata, salah satunya mengincar posisi  menteri. Apa itu keliru? Tidak, dalam urusan politik, langkah-langkah nyata yang strategis memang harus mewujud dalam aksi, bukan sebatas retorika media. Yang pasti usaha sudah dilakukan, menjalin komunikasi strategis dengan Jokowi. Apa hasilnya? Itu lain soal.

Di sini saya hanya mencatat bahwa dalam kondisi kalah, merasa kalah, merasa di bawah sekalipun, komunikasi strategis mesti kita mainkan. Kenapa? Seperti yang sering terjadi, bahwa sebenarnya, beragam masalah yang kita hadapi itu bisa terselesaikan dengan dikomunikasikan. Kepada orang yang tepat, kepada instansi yang tepat.

Jadi, dalam komunikasi strategis, kita perlu memastikan bahwa pesan diterima komunikan (to secure understanding). Ketika kita punya mimpi, punya produk, punya layanan, punya sesuatu yang bisa dibagikan atau dibutuhkan oleh orang lain, maka, komunikasikan pada orang yang tepat. Begitu rumus sederhananya. []

Salam
Yons Achmad
Penulis Kreatif
Praktisi Komunikasi Strategis
Pendiri Kanet Indonesia
WA:082123147969

Kategori Kolom

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.