3 Strategi Komunikasi Pembicara Publik

Di dalam buku “Talk –In Point” (2008), Becky Tumewu dkk membahas  13 kompetensi atau kualitas yang penting dimiliki oleh seorang pembicara publik. Mempraktikkan banyak kompetensi secara bersamaan saya pikir  hanya menjadikan kita kewalahan.

Baik, sebagai langkah penyederhaan, berikut saya dedahkan 3 langkah  strategi komunikasi saat kita didaulat menjadi pembicara publik. Tentu dengan sedikit pengembangan dari saya. Diantaranya:

Pertama, Capture. Terkait dengan kemampuan membuka sesi yang menarik perhatian hadirin.  Praktiknya, dalam pelatihan bermacam-macam. Saya biasanya membuka dengan mempersilakan hadirin untuk berdoa, demi keberkahan apa yang nantinya dibicarakan. Selanjutnya, langsung bertanya, meminta pendapat hadirin tentang slide gambar yang sudah saya siapkan.  Artinya, langsung ada interaksi.

Kedua, Connection. Membangun hubungan baik dengan hadirin. Memang, dalam publik speaking intinya adalah sharing your mind, yaitu berbagi gagasan dan pemikiran dengan individu yang disebut hadirin. Hanya saja, yang terpenting adalah mengomunikasikannya dengan sudut pandang mereka. Dengan begitu, mereka merasa terlibat. Selanjutnya, buat cerita-cerita lucu sehingga membuat hadirin rileks, tak tegang. Bagus lagi ada semacam hadiah kecil kecilan bagi hadirin yang  misalnya sudah bertanya atau berbagi pengalaman.

Ketiga, Conclusion. Pembicara publik memang tak sempurna, tapi tak perlu minta maaf atas apapun kesalahan selama jalannya presentasi. Tutup dengan kata-kata mutiara atau sesuatu yang menantang peserta untuk tergerak melakukan sesuatu . Itu intinya, tak sekadar paham teori  tapi peserta  langsung melakukan sesuatu sehingga ada hasil nyata dari sekian lama perbincangan.

Begitulah kira-kira strategi komunikasi yang bisa kita mainkan dalam sebuah presentasi. Semoga bermanfaat.

Salam
Yons Achmad
Penulis Kreatif
Praktisi Komunikasi Strategis
Pendiri Kanetindonesia.com
WA:082123147969

Kategori Tips

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.