3 Fungsi Majalah Internal (Inhouse Magazine)

Advertorial

Suatu senja, seorang petinggi di lingkungan Satpol PP Provinsi Papua datang ke Jakarta. Mencari seseorang atau perusahaan yang bisa membuatkan majalah internal (inhouse magazine).  Mereka mencari di internet dan menghubungi saya (Kanet Indonesia).  “Kami kepingin buat majalah Mas, biar orang tahu kalau Satpol PP sebenarnya humanis,” begitu katanya.

Dijelaskan lebih lanjut, adanya majalah internal ini, selain bisa menambah rasa percaya diri tim di lingkungan satpol PP, juga bisa mengubah padangan masyarakat tentang citra Satpol PP selama ini.

Naskah disiapkan, foto-foto dipilih, dan akhirnya dengan polesan sana-sini, terbitlah majalah internal itu.

Itu sedikit contoh  pengalaman kami mengelola majalah internal. Memang, majalah internal sendiri, istilah populernya penerbitan Inggriya adalah media hubungan masyarakat  yang paling tua sejarahnya.

Tapi, sampai kini, penerbitan majalah internal masih tetap relevan. Perusahaan yang bonafif, maju, serius dan peduli terhadap karyawan maupun pelanggannya, biasanya punya majalah internal.

Dalam dunia hubungan masyarakat (PR), setidaknya ada 3 fungsi media internal:

Pertama. Sebagai media komunikasi.   Fungsi  ini terkait dengan bagaimana media internal bisa membangun komunikasi antar karyawan, pimpinan perusahaan,  pelanggan maupun keluarga karyawan. Dengan komunikasi yang baik seluruh komponen itu,  akan saling bisa memahami dan bisa bersama-sama bekerjasama mendatangkan kebaikan (keuntungan) bersama.

Kedua. Sebagai Sarana Edukasi. Sarana edukasi bisa diperoleh lewat media internal. Diantaranya, bisa diperoleh dari artikel-artikel, opini maupun tips-tips tertentu. Targetnya, tentu saja meningkatkan pengetahuan dan menambah informasi demi peningkatan kapasitas organisasi dan skill anggota (karyawan).

Ketiga. Mendapatkan Citra Baik. Media internal adalah salah satu parameter bagaimana lembaga/perusahaan/instansi itu serius dalam menjalankan roda organisasi/usaha. Dengan hadirnya citra baik perusahaan, maka selain meningkatkan kepercayaan diri setiap anggota, juga menumbuhkan kepercayaan kepada pihak luar seperti pelanggan, konsumen atau investor untuk turut serta membangun cita-cita bersama yang saling menguntungkan.

Itulah beberapa fungsi media internal (inhouse magazine) yang bisa saya paparkan. Semoga bermanfaat. []

Salam hangat,

Yons Achmad
Founder Kanet Indonesia (Content Agency)
WA: 082123147969