3 Bekal Menjadi Pembicara Publik

“Sampaikan Walau Satu Ayat”. Kata-kata ini sangat akrab dikalangan orang Islam. Menjadi inspirasi bagi siapapun yang mempunyai ilmu atau informasi yang bermanfaat bagi orang lain untuk bisa menyebarkannya. Termasuk di dalamnya penguasaan keterampilan tertentu.

Maka, kemudian lahirlah para pembicara publik diberbagai seminar, workshop atau talkshow beragam media. Nah, apakah Anda tertarik menjadi pembicara publik?

Baik. Kalau jawabannya YA, ada beberapa bekal yang perlu dipersiapkan.

1 Ilmu atau Keterampilan

Inilah yang perlu dipersiapkan. Artinya, ilmu dan keterampilan apa yang bisa Anda bagikan untuk orang lain. Kini saatnya melongok ke diri Anda. Kira-kira apa yang bisa Anda bagikan dalam acara seminar, workshop atau talkshow media. Anda merasa pakar dalam bidang apa? Temukan jawaban ini dulu.

2. Buatlah Buku

Buku bisa berisi sebuah pemikiran yang utuh tentang sebuah topik. Untuk menjadi pembicara publik memang tak harus sudah menulis buku. Tapi, alangkah afdolnya kalau seorang pembicara publik sudah punya buku maka orang akan lebih percaya tentang kepakarannya.

3. Personal Branding

Anda ingin dikenal sebagai pakar atau ahli apa? Nah, kita memerlukan usaha personal branding. Terus mengenalkan siapa diri kita kepada publik. Solusi apa yang bisa kita tawarkan untuk masyarakat.

Itulah 3 bekal yang bisa Anda siapkan untuk bisa menjadi pembicara publik. Selamat mencoba ya?

Salam
Yons Achmad
CEO Kanet Indonesia

Kategori Tips

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.