Upah Layak Jurnalis Muslim Pemula 6, 9 Juta

kolom

Berapa upah yang layak bagi jurnalis muslim pemula? Tentu banyak jawabannya. Tapi, menurut Forum Jurnalis Muslim (Forjim). Upah yang layak bagi jurnalis (muslim) pemula adalah 6.9 juta.   Inilah salah satu hasil dan rekomendasi Musyawarah  Nasional (Munas) Forjim I yang telah digelar di Wisma PKK, Kebagusan  Jakarta Selatan, 5 sampai 6 Januari 2018.

Tentu saja, hal ini bisa menjadi masukan bagi para pemilik dan pebisnis media Islam baik cetak, online maupun elektronik. Rekomendasi ini tentu saja masih menjadi kotroversi, sebab, rahasia umum, saat ini gaji  jurnalis pemula yang diterima oleh para jurnalis muslim belum sebesar itu.

Tapi, apakah gaji layak itu mungkin diberlakukan di setiap media Islam? Tentu saja mungkin, syaratnya perusahaan media Islam punya pemasukan yang  signifikan sehingga bisa menggaji jurnalisnya dengan layak. Lantas, apa kontribusi masyarakat sebagai apresiasi kepada jurnalis muslim?

Salah satunya adalah kepedulian dan kemauan para pebisnis  atau pengusaha muslim untuk mau beriklan di media-media Islam. Hanya dengan cara itulah hubungan sigergis antara masyarakat (umat Islam),  dunia usaha dan media Islam dapat terjalin dengan baik.

Masyarakat bisa mendapatkan informasi, fakta-fakta terkait dengan dunia Islam, pengusaha  muslim juga berkesempatan mengenalkan produk maupun layanan jasanya kepada masyarakat melalui media Islam, sementara media Islam juga bisa menjalankan kerja-kerja jurnalistik dengan profesional. Begitulah seharusnya kerjasama yang mesti dibangun agar kemajuan bisa diraih bersama. (Yons Achmad/KANET INDONESIA).