Pengamat Media: Jurnalis Muslim Diharapkan Terus Suarakan Aspirasi Umat Islam

Berita

Forum Jurnalis Muslim (Forjim) akan menggelar Munas pertama yang akan dilaksanakan pada 5-6 Januari 2018. “Saya mengapresiasi akan digelarnya Munas I Forjim. Artinya organisasi jurnalis muslim ini masih memperlihatkan kesolidannya,” kata Pengamat Media Yons Achmad kepada Panjimas, Kamis (4/1/2018).

Yons Achmad yang juga pendiri Kanet Indonesia ini berharap, ke depan Forjim akan lebih militan. Dalam arti, para jurnalis muslim yang menjadi anggotanya lebih bersemangat lagi untuk mengabarkan fakta-fakta, mengabarkan kebenaran sebuah peristiwa dalam rangka amar makruf nahi munkar.

“Juga terus melakukan advokasi, menyuarakan aspirasi umat yang selama ini kurang mendapatkan ruang. Terlebih di era banyaknya media mainstream (arus utama) yang makin hari tidak kritis terhadap penguasa bahkan cenderung menjadi media partisan.”

Nah Forjim dengan media Islamnya masing-masing, lanjut Yons, diharapkan bisa terus menyuarakan aspirasi umat yang sering diabaikan oleh media umum tersebut.

“Saya terus mendorong agar setiap media Islam mengusung jurnalisme profetik. Jurnalisme berbasis kenabian yang mengajak kebaikan/amar makruh (humanisasi), Mencegah keburukan/nahi munkar (liberasi) dan selalu mengajak umat ingat dengan Allah/tukminunabillah (transendensi),” ungkapnya.

Sebagai apresiasi dan bentuk dukungan nyata kepada Forjim atau media-media Islam, diharapkan para pebinis atau pengusaha muslim agar mau beriklan di media-media Islam. Karena dengan cara tersebut bisa memberikan suport yang baik bagi media Islam, sekaligus bisa mengedukasi muslim dengan produk dan layanan jasa yang halal serta toyyib dari beragam kalangan dunia usaha. “Selamat bermunas,” kata Yons Achmad. (Sumber: ass/panjimas.com/4/1/18))