Yuk Ikuti Talkshow Literasi Media Anak Bersama Yons Achmad

Event

Dunia media menjadi bagian dari keseharian masyarakat saat ini. Berbagai bentuk media untuk menyampaikan sebuah informasi, sangat beragam dan berkembang pesat. Diantaranya, media elektronik (radio, TV), media cetak (majalah, koran, tabloid, dll), media daring/online, dan media sosial. Terlebih, sejak bermunculannya industri kreatif berbasis teknologi informasi yang semakin berkembang.

Kreatifitas menuangkan gagasan menemukan panggung baru bersamaan hadirnya perkembangan teknologi informasi yang maju pesat dan cepat. Beragam media kreatif dalam bentuk buku, kaos edukasi, permainan, menjadi bentuk baru dalam menuangkan sebuah gagasan atau nilai.

Selain memberikan dampak positif, media juga bisa berefek negatif bagi penggunanya. Termasuk anak-anak. Oleh karenanya, sikap cerdas dan bijak berinteraksi dengan beragam media, menjadi suatu keharusan. Keluarga, terutama orang tua, menjadi pihak yang sangat penting untuk menjadi buffer pertama bagi anak-anak.

Salah satu ilmu dan keterampilan dalam menyikapi hal ini, dikenal dengan literasi media. Literasi media adalah sebuah gerakan melek media, bagaimana seseorang bisa menjadi cerdas dan bijak dalam bermedia. Pemahaman orang tua mengenai literasi media sangat dibutuhkan untuk mengenalkan anak-anak dengan nilai-nilai kebaikan dalam hidup. Termasuk nilai-nilai Al Quran dan Hadist.

Sebagai bentuk kepedulian  terhadap dunia media anak, akan diadakan:

Talkshow Literasi Media Anak:

Kenalkan Nilai-nilai Al Quran dan Hadist pada Anak Melalui Beragam Media,

diselenggarakan oleh 3rd UI Islamic Book Fair 2017,

pada hari Kamis, 28 Desember 2017, jam 13.15—15.00 WIB,

di Balairung Universitas Indonesia, Depok.

narasumber: Yons Achmad

praktisi dan pengamat media, founder KanetIndonesia.com.

Dalam talkshow tersebut, akan dibahas mengenai:

  1. Pengenalan literasi media anak kepada orangtua
  2. Membahas beragam jenis media, fungsi, dampak, dan manfaatnya bagi anak
  3. Solusi aman bagi keluarga dalam berinteraksi dengan media
  4. Literasi media sebagai jawaban bagi orangtua dan anak untuk bijak dan cerdas bermedia
  5. Membahas beragam program dan produk alternatif agar anak tidak ketergantungan pada media gadget
  6. Membahas bagaimana media bisa menjadi sarana bagi orangtua dan anak dalam mengenalkan nilai-nilai Al-Quran dan Hadist

Yuk,  catat tanggalnya dan agendakan dari sekarang. Ajak keluarga dan teman sebanyak-banyaknya. Karena selain manambah pengetahuan bagi orangtua, acara ini juga menjadi salah satu destinasi wisata keluarga akhir tahun yang layak dikunjungi. Akan ada beragam stand buku dari berbagai penerbit terbaik. Acara 3rd UI Islamic Book Fair 2017 ini juga menyediakan stand aneka makanan dan produk fashion keluarga terbaru.

Jadi, tunggu apalagi, AYO KUNJUNGI acara yang tidak hanya penuh beragam manfaat dan nilai edukasi Islami, tetapi juga GRATIS plus banyak DOORPRIZE. Jadikan liburan akhir tahun keluarga menjadi lebih berkesan di 3rd UI Islamic Book Fair 2017, Balairung UI Depok, 27–30 Desember 2017.  (Selvi Ermawati/KANETINDONESIA.COM).