Ridwan Kamil: Gunakan Kreativitas Digital Untuk Perubahan

Tokoh

Code Margonda adakan kegiatan ngobrol santai bersama Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Tema, “Tentang Kota dan Masa Depan (7/10/15) bertempat di Depok Town Square, Depok, Jawa Barat. Sekitar 100-an peserta yang sebagian besar anak-anak muda generasi milenial hadir untuk mendengarkan gagasan-gagasan Kang  Emil, sapaan akrabnya.

Obrolan dimulai dengan  cerita  negara Singapura yang diklaim  penuh dengan kemajuan. Tapi sayangnya, dari sebuah penelitian, sekitar 40% penduduknya tidak betah hidup di sana. Artinya, menurut walikota yang akrab  dengan dunia media sosial  ini,  pasti ada yang salah dari negara itu.

Agar tak menjadi negara atau kota semacam itu, Kang Emil menilai bahwa  dunia teknologi, khususnya dunia digital itu penting, tapi jangan hilangkan  kemanusiaan.  “Agak teknologi menjadi bermanfaat, jadikan kreativitas digital untuk perubahan, bukan  sebaliknya, malah untuk memproduksi ujaran kebencian” ungkapnya.

Kang Emil memberikan contoh bagaimana kreativitas digital bisa sebagai sarana perubahan sosial. Dia mencontohkan platform donasi online Kitabisa.com yang dibuat anak-anak Depok. Dengan aplikasi tersebut, banyak orang yang bisa terlibat dalam kampanye kemanusian. Hasilnya, banyak orang baik berpartisipasi dan semakin banyak orang terbantu.

(Yons Achmad/KANETINDONESIA.COM).