Kemdikbud, Kanet Indonesia dan Program Gerakan Literasi Sekolah

Advertorial

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah meluncurkan apa yang disebut dengan “Gerakan Literasi Sekolah”. Sebuah program yang tentu saja harus didukung berbagai pihak.

Salah satu program yang dicanangkan diantaranya “15 Menit Membaca”.  Membaca memang penting sebab prestasi baca kita memang masih menyedihkan.  Dari laporkan hasil studi yang dilakukan Central Connecticut State University di New Britain, diperoleh informasi bahwa kemampuan literasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei (Jakarta Post, 2016).

Di sekolah, barangkali memang program gerakan literasi sekolah ini telah dijalankan. Tapi, yang paling memungkinkan adalah program konkrit yang tak sekadar pemberian materi semata, tetapi siswa benar-benar bisa menerapkan literasi itu dengan program yang menyenangkan selaras dengan dunianya saat ini.

Salah satu program itu adalah dimunculkannya Ekstrakurikuler Jurnalistik dan Kepenulisan di berbagai sekolah, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA).

Mendukung gerakan literasi sekolah ini, Kanet Indonesia telah menyiapkan sebuah buku yang berjudul “Jurnalistik Media Sekolah” karya Yons Achmad. Garis besar buku “Jurnalistik Media Sekolah” antara lain:

(1) Pengenalan tentang media (majalah) sekolah
(2) Pentingnya media (majalah) sekolah
(3) Pentingnya Ekstrakurikuler (Ekskul) Jurnalistik di sekolah
(4) Tips-tips mengelola media (majalah) sekolah
(5) Tips-Tips Menulis kreatif.

Dengan konten tersebut, diharapkan siswa punya gambaran pentingnya dunia literasi dan ikut telibat dalam gerakan literasi di sekolah.

Buku ini bisa menjadi panduan dan materi dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dan kepenulisan tersebut. Kira-kira kegiatan ekstrakurikuler ini tujuannya sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman tentang budaya literasi di sekolah
  2. Memberikan pemahaman pentingnya media (majalah) sekolah
  3. Memberikan pemahaman pentingnya Ekskul Jurnalistik Sekolah
  4. Tips-tips membuat dan mengelola media (majalah) sekolah
  5. Tips-tips menulis kreatif

Nah, produk literasi sekolah ini nantinya, siswa dapat mendirikan dan mengelola media, baik cetak (majalah) maupun online. Begitu juga, lahir sebuah buku baik buku pribadi maupun buku kumpulan tulisan para anggota ekskul. Untuk itu, bagi Anda para Guru, Kepala Sekolah maupun Orang Tua siswa yang ingin di sekolahnya diadakan pelatihan “Jurnalistik Media Sekolah” atau terbentuk ekskul jurnalistik dan kepenulisan, bisa menghubungi kami di WA: 082123147969 (Yons Achmad).