3 Manfaat Menulis di Media Online

Tips


Apa manfaat menulis di media online? Tentu saja sangat banyak. Tapi, dari pengalaman kecil saya, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mau dan menyempatkan diri menulis di media online. Bicara media online, bisa berupa blog pribadi, situs-situs berita online atau blog-blog di media resmi sebuah perusahaan tertentu. Beberapa manfaat itu antara lain:

Pertama.
Mendapatkan Keberkahan Hidup. Apa alasannya? Bagi mereka yang beragama Islam tentu saja paham betul konsep berbagi (sedekah). Anggaplah, ketika kita menulis di media online, satu niatan yang perlu kita matangkan dalam hati adalah untuk mendapatkan keberkahan hidup. Kita berbagi ilmu, pandangan hidup dan beberapa solusi sebagai jawaban atas persoalan yang sedang dihadapi orang lain. Atas laku kecil kita, banyak orang yang kemudian terbantu hidupnya. Kalau kita berhasil melakukan ini, maka Insyaallah, akan diberikan sebuah jalan hidup yang berkah oleh Sang Maha Pemberi Berkah.

Kedua. Menjadikan Diri Dikenal. Kadang kita punya ilmu, pandangan baru atau keahlian. Tapi, ketika kita tidak menulis, maka hanya sedikit yang mengenal kita. Untuk itu, menulis adalah salah satu sarana bagi kita untuk bisa dikenal orang. Sebagai apa? Awalnya barangkali sebagai orang biasa yang senang berbagi ilmu. Tapi kemudian, ketika kita fokus membahas persoalan tertentu yang lebih spesifik, maka pelan-pelan orang akan mengenal kita sebagai pakar karena kita sangat menguasai sebuah permasalahan dalam bidang tertentu

Ketiga. Mendatangkan Rejeki. Kalau kita sudah dikenal sebagai pakar, lalu apa hasilnya? Kita akan lebih banyak memberikan kemanfaatan lagi bagi orang lain. Diundang dalam forum tertentu, diundang untuk memberikan pelatihan tertentu. Atas aktivitas demikian, maka tak bisa kita tolak, rejeki akan datang sendiri menghampiri.

Inilah sedikit “provokasi” saya terkait manfaat menulis di media online. Jadi, mulai hari ini, sesibuk apapun diri kita, sempatkan menulis di media online. Bisa Mingguan, bisa 3 harian, bahkan bisa setiap hari. Tak jadi soal. Yang terpenting  kita tetap rutin untuk terus menulis dan menulis lagi. Sepanjang kehidupan kita. (Yons Achmad/Founder kanet Indonesia/ WA: 082123147969).