Sylviana Murni: Wanita Betawi dalam Pusaran Pilkada DKI

kolom

sylviana murni
Siapa tokoh Betawi yang akan mewarnai pilkada DKI? Jawabnya belum muncul. Tapi baru-baru ini muncul kabar tokoh wanita Betawi, Sylviana Murni digadang-gadang untuk bisa berkiprah mewarnai pilkada DKI. Calon Gubernur dari Gerindra Sandiaga Uno disebut-sebut akan menggandeng tokoh yang sudah dikenal dikalangan masyarakat Betawi ini.

Harian Terbit (Kamis/18/8/20116) menulis, “Kasak-Kusuk dengan Sandiaga, Sylviana Murni Telikung Ahok”.

Memang, kalau kita baca judulnya, berita ini cenderung menyudutkan. Padahal isinya tidak mengatakan demikian. Dalam berita tersebut, Sandiaga mengaku pertemuan dengan Sylvia sekitar 1 jam. Sandiaga ditemani ibundanya, Mien Uno. Menurut Sandiaga, Mien Uno dan Sylviana adalah teman lama dan berencana mengadakan kerjasama sosial. Tapi karena sekarang isu pilkada DKI sedang hangat-hangatnya, maka tak lepas dari penafsiran macam-macam.

Sylviana sendiri, saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sebelumnya, Sylviana pernah menjabat sebagai Walikota Jakarta Pusat Periode 2008-2013 pada masa Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Terkait dengan pemberitaan di atas, apa yang seharusnya dilakukan?

Komunitas atau perkumpulan Betawi saya kira tak boleh diam begitu saja.

Tuduhan media yang mengatakan “Telikung Ahok” perlu diluruskan. Ini merupakan tuduhan serius. Padahal kalau memang benar tokoh Betawi ini ingin berkiprah ke pilkada DKI, itu wajar dan boleh-boleh saja. Tapi, yang namanya isu pilkada DKI memang sekarang ini sangat sensitif.

Media juga tidak netral, pasti punya kepentingan tersendiri menolak atau mendukung tokoh tertentu, baik secara terang-terangan maupun terselubung. Untuk itu, demi pencerahan media sekaligus pencerahan publik, Sylvia Murni, tokoh wanita Betawi ini sepertinya juga perlu pro aktif merespon pemberitaan media yang terkesan menyudutkan atau memberiakan isu miring tentangya.

Semua itu demi pilkada DKI yang sehat dan bermantabat. (Yons Achmad/Pengamat Media/Founder Kanetindonesia.com/WA:082123147969).