10 Bisnis Via Internet yang Perlu Anda Coba

kolom

Duit

Era digital sekarang ini muncul istilah pebisnis informasi, siapa itu? Ya, mereka, baik perseorangan atau tim yang memperoleh penghasilan dari bisnis informasi (kegiatan mengolah dan menyajikan data untuk klien). Lantas, usaha (profesi) seperti apa saja yang terkait dengan bisnis informasi ini, berikut beberapa contohnya:

  1. Pengusaha media. Mereka yang menjadi pemilik industri media, lebih khususnya media online dan memperoleh penghasilan (dari iklan, advertorial dll) dari bisnis tersebut.
  1. Pereview Produk. Mereka yang memperoleh penghasilan dari mereview produk-produk komersial dari berbagai jenis produk yang ada.
  1. Penulis buku-buku, khususnya ebook. Mereka yang mendapatkan penghasilan berupa royalti dari penjualan produk tersebut.
  1. Blogger Spesialis. Seorang pemilik blog yang mendapatkan penghasilan dari blognya, baik berupa iklan maupun konten berbayar dalam blognya.
  1. Publicist. Mereka yang berprofesi mempublikasikan produk-produk komersial, acara-acara, publikasi tokoh ke beragam media dan  sosial media serta mereka mendapatkan penghasilan dari sana.
  1. Social Media Respon Center (SMRC). Mereka yang mengelola akun sosial media dari sebuah perusahaan, brand, atau institusi tertentu. Yang sedang trend sekarang adalah pengelola akun Twitter.
  1. Pengelola Sekolah Online. Mereka yang mendapatkan keuntungan finansial dari kegiatan belajar mengajar secara online lewat internet.
  1. Pengelola Situs Berbayar. Memungut bayaran dari anggota yang bergabung dalam web atau situsnya. Misalnya situs jodoh.
  1. Pengelola konten web. Mereka yang bertugas memasukkan berita (upload) atau mungkin sekaligus yang menulis sebuah web tertentu dan mereka mendapatkan bayaran dari kegiatan tersebut.
  1. Pemilik Kantor Berita (naskah). Mereka yang mendapatkan bayaran dari menjual berita atau naskah (artikel2 dll) kepada pihak-pihak yang membutuhkan konten tertentu.

Nah, itulah bisnis informasi yang perlu Anda ketahui. Tapi, semua itu tidak akan ada manfaatnya sama sekali kalau tidak Anda jalankan salah satunya. Oke, Selamat bekerja dan berkarya. Sukses untuk Anda (Yons Achmad/Kanet Indonesia).